Sabtu, 03 Maret 2012

STMIK AMIKOM Yogyakarta

       Berawal dari keluhan dari beberapa pngusaha yang mnyatakan bahwa mencari tenaga kerja Profesional di bidang Teknologi Informasi sulit maka Pendiri Yayasan ini berkeinginan untuk menjawab kesulitan yang dialami pengusaha dalam mencari tenaga ahli bidang informatika sehingga didirikanlah Yayasan AMIKOM YOGYAKARTA. Untuk pertama kalinya Yayasan ini berkantor pusat di Jl. Wolter Monginsidi No.8 Yogyakarta . Nama Pendirinya adalah Mohammad Suyanto dan Purdi E.Chandra.
            
Pada tahun pertama jumlah mahasiswa yang diterima sejumlah 44 orang pada jurusan menajemen informatika. Setahun kemudian AMIKOM memdapatkan status terdaftar berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 084/D/O/1994 tanggal 11 Oktober 1994. Untuk saat ni semua program Studi sudah terakreditasi.
    
Seiring dengan bertambahnya mahasiswa AMIKOM menggunakan dua lokasi kamus , kampus I di jalan Wolter Monginsidi dan Kampus II terletak di Jalan Kaliuran Yogyakarta. Beberpa ruangan dibangun di lokasi baru untuk menampung kegiatan pekuliahan dan praktikum serta perpustakaan. Pada tahun akademik 1998 dimana jumlah mahasiswa baru mencapai hamper 800 orag, dan gedung yang saat itu dipakai sudah tidak lagdapat memuat jumlah mahasiswa yang ada. MAka sejak tahun akademik 1998/1999 AMIKOM menyewa bangunan ruko dan diubah menjadi kampus terpadu di Ring Road Utara, Condong Catur dengan 9 ruang kuliah, 1 pelayanan akademik, 1 ruang perpustakaan dari gedung sebanyak 2 lantai. Oleh karena itu kepercayaan calon mahasiswa dan orang tuanya terhadap AMIKOM yang semakin tinggi dibuktikan dengan jumlah pendaftar yang naik secara fantastis dari tahun ke tahun berikutnya. Akhirnya berkat doa seluruh mahasiswa AMIKOM berhasil dan sukses menjadi Tempat Kuliah Orang  Berdasi.
Program Pendidikan
Saat ini STMIK AMIKOM Yogyakarta mengelola 3 program pendidikan  yaitu Program diploma-3, Program Strata-1 dan Program Pascasarjana yang dibagi dalam 5 jurusan dengan 5 Program studi dan beberapa konsentrasi peminatan studi di masing-masing studi.

1.       Program Diploma-3
Program Diploma-3 terdiri dari 2 jurusan yaitu:
        > Jurusan Manajemen Informatika dengan program studi Manajemen Informatika memiliki konsentrasi,yaitu:
a.       E-Commerce
b.      Sistem Informasi Berbasis Multimedia
c.       Komputerisasi Akuntansi

         > Jurusan teknik Informatika dengan program studi Teknik Infrmatika memiliki tiga konsentrasi,yaitu:
a.       Multimedia
b.      Pemrograman Web
c.       Jaringan Komputer

2.       Program Strata-1
Program Strata-1 terdiri dari 2 jurusan yaitu:
        > Jurusan Sistem Informasi dengan program studi system Informasi memiliki empat konsentrasi,yaitu:
a.       E-Commerce
b.      Sistem Informasi Berbasis multimedia, Web, Dekstop
c.       Komputerisasi Akuntansi
d.      Broadcasting TV
e.      Film Kartun
         > Jurusan Teknik Informatika dengan program studiTeknik Informatika memiliki tiga konsentrasi,yaitu:
a.       Multimedia
b.      Pemrograman Web
c.       Jaringan Komuter
d.      Film Kartun

3.       Program Pascasarjana
Program pendidikan Pascasarjana S2 (Magister) memiliki satu program studi Sistem Informatika (MTI). Lulusan MTI STMIK AMIKOM Yogyakarta diarahkan menjadi orang yang berbudi luhur, berjiwa entrepreneur dan memilliki kualifikasi.

VISI, MISI dan TUJUAN STMIK AMIKOM YOGYAKARTA


Visi STMIK  AMIKOM Yogyakarta adalah menjadi perguruan tinggi kelas dunia unggul dalam bidang teknologi informas dan komunikasi yang berbasis enterpreneursip. STMIK AMIKOM Yogyakarta akan akan menjadi sekolah tinggi unggulan di Indonesia pada bidang teknologi informasi dan komunikasi berbasis entrepreneurship pada 2020. Visi tersebut memotivasi seluruh sivitas untuk menjadikan STMIK AMIKOM Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi yang terkenal dibidang teknologi nformasi dan komunikasi dan mempunyai reputasi baik diskala nasional maupu internasional.
Misi STMIK AMIKOM Yogyakarta adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi kelas dunia di bidang teknik informasi dan komunikasi  berbasis entrepreneurship. Menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional melalui kemitraan dan jejaring nasional maupun internasional.
Tujuan STMIK AMIKOM Yogyakarta adalah membentuk tenaga professional dibidang informatika yang bertaqwa, berakhlak mulia, trampil dan berilmu amaliah dan beramal ilmiah. 


Sumber By: Buku Panduan STMIK AMIKOM Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar